Home / kabar dpc / Berita

PERADI SAI Kota Jayapura Pertama Kali Gelar Ujian Profesi Advokat

PERADI | 21 Nov 2022
Perhimpunan  Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (PERADI SAI) Kota Jayapura, menggelar Ujian Profesi Advokat (UPA) 2022 di Grand Tabi Hotel, Jayapura, Sabtu (5/11/2022).

Ramses mengatakan, peserta UPA 2022 sekitar 20 orang berasal dari Kota Jayapura, Biak, Timika, Manokwari dan Sorong.

Materi  UPA 2022, ujar Ramses, semua hukum acara menyangkut profesi advokat.

“Saya harap agar semua peserta UPA 2022 ini  lulus dengan baik, kemudian dapat mempertanggungjawabkan kepada Tuhan dan negara terhadap acara yang akan dilakukan para advokat nanti,” katanya.

Ramses juga mengharapkan DPC PERADI SAI Kota Jayapura, dapat mengembangkan sayapnya di pelbagai kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat, agar anggotanya makin banyak.

Yusman Conoras, mengatakan UPA 2022 ini merupakan kali pertama sejak DPC PERADI SAI Kota Jayapura  menerima mandat dari Ketua Umum DPN PERADI SAI  Dr. Juniver Girsang, SH, MH pada Juni 2022 lalu.

Langkah Strategis

Sementara itu, Plt. Ketua DPC PERADI SAI Kota Jayapura, Dr. Anthon Raharusun, SH, MH mengatakan, pihaknya menyelenggarakan program Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), sebagaimana kebijakan DPN PERADI SAI, yang  memberikan kepercayaan atau mandat kepada DPC PERADI SAI Kota Jayapura, untuk menyelenggarakan UPA 2022.

Peserta Ujian Profesi Advokat (UPA) 2022 Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (PERADI SAI) berpose bersama di Grand Tabi Hotel, Jayapura, Sabtu (5/11/2022). (Foto: Dok/DPC PERADI SAI Kota Jayapura)
UPA 2022 ini juga merupakan salah satu upaya DPC PERADI SAI Kota Jayapura,  untuk menambah jumlah anggota, mengingat jumlah anggota DPC PERADI SAI Kota Jayapura saat ini masih berjumlah sekitar 30-an anggota, sehingga diharapkan dengan UPA 2022 ini dapat menambah jumlah anggota DPC PERADI SAI Kota Jayapura, sehingga pada akhir November atau awal Desember 2022 nanti direncanakan pelaksanaan Musda DPC PERADI SAI Kota Jayapura, untuk memilih Ketua DPC PERADI SAI Kota Jayapura dan juga pembentukan pengurus DPC PERADI SAI Kota Jayapura  hasil Musda.

Menurut Anthon, UPA 2022 ini juga merupakan bagian dari pada langkah strategis atau program dari pada DPC PERADI SAI Kota Jayapura, untuk memperbanyak anggota melalui program program PKPA  maupun UPA.

Setelah ini, terang Anthon, kalau lulus DPC PERADI SAI Kota Jayapura akan menyelenggarakan pengangkatan dan penyumpahan advokat di bulan November  ini.

“Kalau nanti UPA 2022 ini sudah diputuskan oleh DPN PERADI SAI, maka DPC PERADI SAI Kota Jayapura segera melakukan pengangkatan dan penyumpahan advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura,” tandasnya.

Dikatakan saat ini ada 8 orang anggota PERADI SAI Kota Jayapura yang ada di Sorong, Provinsi Papua Barat dan 8 orang dari Biak  juga akan ikut penyumpahan nanti.

Anthon menuturkan, setelah ini walaupun mungkin sudah ada yang  ikut magang di kantor advokat. Tapi sesuai dengan ketentuan UU Advokat, mereka diwajibkan untuk magang di kantor kantor advokat yang sudah berpraktek lebih dari 7 tahun.

Dan selanjutnya mereka akan memperoleh surat keterangan magang sebagai salah satu syarat untuk pengangkatan dan penyumpahan calon advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura.

“Jadi setelah ini mereka harus magang di Kantor kantor dan Law Office Dr. Anthon Raharusun & Partners juga bersedia untuk menampung mereka, untuk belajar sekaligus menyiapkan mereka untuk bisa menjalankan tugas profesi advokat secara profesional dan juga berkualitas dengan ketrampilan dan pengalaman yang mereka miliki selama proses magang itu,” pungkas Anthon. ** 

Penulis : Makawaru
Publish : 05 November 2022 
Sumber : papuainside.com