Home / kabar dpc / Berita

Pembukaan PKPA Peradi SAI Madiun Tepat Hari Lahir Pancasila, Peserta Diminta Jaga Integritas

PERADI | 05 Jun 2024
Madiun, (afederasi.com) - Tepat peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni, kegiatan Pendidikan Khusus Profesi Advokat ‎(PKPA) yang digelar DPC Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) Madiun Raya dan Fakultas Hukum Universitas Merdeka (Unmer) Madiun resmi dibuka, Sabtu (1/6/2024). 

Pada PKPA angkatan I tahun 2024 ini, diikuti oleh 20 orang peserta. Acara dilakukan secara Virtual Zoom Meeting, dibuka oleh Ketua DPN Peradi SAI Juniver Girsang yang diwakili Sekretaris Jenderal Patra M Zen, serta didampingi Ketua DPC Peradi SAI Madiun Raya dan Dekan Fakultas Hukum Unmer.

Ketua DPC Peradi-SAI Madiun Raya R Indra Priangkasa menaruh harapan besar peserta PKPA menjaga integritas jika kelak lulus dan menjadi advokat, sebagaimana amanat UU Advokat Nomor 18 Tahun 2003.

"Tentu harapan kita, peserta PKPA tahun 2024 yang telah digembleng ilmu hukum, nanti benar-benar menjadi advokat yang handal, profesional dan menjunjung tinggi marwah profesi advokat," kata R. Indra Priangkasa. 

Tambah Indra, moment hari lahir Pancasila ini, peserta PKPA mampu untuk mengaplikasikan keilmuan di bidang hukum dan memberi kontribusi dalam pembangunan bidang hukum di negeri ini. 

Sementara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Merdeka Madiun Sigit Sapto Nugroho berharap, kerjasama Fakultas Hukum Unmer Madiun dengan DPC Peradi SAI Madiun Raya terus terjalin. Ini sangat penting dalam rangka menindaklanjuti program akreditasi dan program studi. 

"Peserta PKPA nanti bisa mengaplikasikan ilmu hukumnya dan menjadi advokat tangguh profesional dan berkarakter. Ini merupakan bagian cirikan kami di Fakultas Hukum Unmer," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal Patra M Zen menyatakan, bahwa meski saat ini ada 97 organisasi advokat, namun peserta lebih memilih mengikuti PKPA yang dilaksanakan Peradi SAI Madiun dan Unmer Madiun. Hal ini merupakan pilihan yang tepat. 

"Kita punya standar pendidikan profesi advokat berkualitas. PKPA digelar Peradi SAI terkenal lebih serius, bahkan ujiannya juga saklek alias tidak bisa ditawar-tawar," tandasnya.

Selain kerja sama PKPA, Patra juga meminta DPC Peradi SAI Madiun dengan Unmer Madiun, menjalin kerjasama dalam hal pendidikan hukum lanjutan. Seperti membuat sekolah asisten advokat. 

"Pendidikan hukum lanjutan perlu dijalankan, baik gratis atau berbayar. Sebab, banyak bidang hukum yang perlu di update Universitas," pintanya. 

Diketahui, kegiatan PKPA dilaksanakan mulai tanggal 1 - 23 Juni 2024. Pengajar terdiri dari DPN Peradi SAI, Unmer Madiun, Kejaksaan Negeri Kota Madiun, Pengadilan Negeri Kabupaten/Kota Madiun dan Magetan, Pengadilan Agama Kota Madiun, serta Ketua DPC Peradi SAI Madiun Raya.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Unmer Madiun atas kerja sama yang telah terjalin dalam mencetak calon advokat yang berkualitas, andal, dan berintegritas," tambah, Ketua Panitia PKPA Wawan Sugiarto. (hen)

Penulis : Hendry W
Publish : 02 Juni 2024 
Sumber : afederasi.com