Home / kabar dpc / Berita

FH Unilak Sepakat Kerja Sama dalam Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat

PERADI | 09 Nov 2022
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Pekanbaru Suara Advokat Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak). Kerja sama itu terkait dengan Penyelenggaraan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama tersebut oleh Dekan Fakultas Hukum Unilak, Fahmi dengan Ketua DPC Peradi Pekanbaru, Megawati Matondang di Fakultas Hukum Unilak, Senin (7/11) kemarin.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Sekretaris DPN Peradi, Eva Nora, Ketua DPD Peradi Riau, Aziun Asyaari, Sekretaris DPC Peradi Pekanbaru, Fachrizal Fauzi, Wakil Dekan I, Muhammad Azani, Wakil Dekan II, Yetti, Wakil Dekan III, Irfansyah, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Suhendro, Sekretaris Prodi Ilmu Hukum, Robert Libra.

"Kita bangga bisa jalin kerja sama dengan Fakultas Hukum Unilak dalam hal penyelenggaraan PKPA. Diakui, untuk penyelenggaraan PKPA, organisasi advokat harus menggandeng kampus-kampus sebagai lembaga pendidikan formil agar sejalan pemenuhan sebuah cita-cita peningkatan sumber daya manusia," ujar Ketua DPC Peradi Pekanbaru, Megawati Matondang.

Menurut Megawati, kerja sama ini harus terjalin secara kontinue di dalam mensingkronisasikan antara program DPC Peradi Pekanbaru dengan Fakultas Hukum Unilak. Sebab, di dalam keterlibatan Peradi untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, menjadi cita-cita yang serupa bagi kampus-kampus

Megawati juga menyampaikan, sebelum Kerja Sama Penyelenggaraan PKPA DPC Peradi pekanbaru dengan Unilak, kerja sama serupa telah terjalin dengan Fakultas Hukum Universitas Riau.

"Kita berharap, ke depannya, seluruh fakultas hukum dan sekolah tinggi ilmu hukum di berbagai universitas di Riau, bisa menyusul untuk kerja sama dalam penyelenggaraan PKPA ini,” harap Megawati.

Hal senada diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum Unilak, Fahmi. Menurut Fahmi, universitas mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang meliputi program pendidikan akademik, vokasi dan/atau profesi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, keagamaan Islam, dan ilmu umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Jadi, kerja sama Fakultas Hukum Unilak dengan DPC Peradi merupakan salah satu poin penting dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi dari universitas tersebut," tegas Fahmi.

Kata Fahmi, pendidikan merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap peserta didik agar mampu tumbuh dan berkembang sebagai peningkatan sumber daya manusia maupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai kebahagiaan serta menggapai cita-citanya, salah satunya adalah cita-cita menjadi profesi advokat atau pengacara.

Fahmi berharap, kegiatan PKPA DPC Peradi Pekanbaru dengan Fakultas Hukum Unilak bisa berjalan baik dan efektif dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang berpengalaman, serta ke depannya bisa mampu 'menelorkan' advokat-advokat handal dan profesional.

Fahmi berharap, kegiatan PKPA DPC Peradi Pekanbaru dengan Fakultas Hukum Unilak bisa berjalan baik dan efektif dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang berpengalaman, serta ke depannya bisa mampu 'menelorkan' advokat-advokat handal dan profesional.

Editor : Dodi Ferdian
Publish : 08 November 2022